• SMA NEGERI 1 MANDAU
  • Maju Bersama Hebat Semua

Hari Lahir Pancasila:Panci(Pancasila Cita Bangsa Kita)

Hari Lahir Pancasila:Panci(Pancasila Cita Bangsa Kita)

    
Oleh:Elsa Putri Hardyanti

 

Kamis (02/06),OSIS SMAN 1 MANDAU menggelar lomba memperingati hari lahir pancasila, tapi tidak hanya untuk diingat saja, Hari Lahir Pancasila juga merupakan momen untuk mengenang, menghormati, sekaligus menghargai perjuangan pendiri bangsa dalam merumuskan dasar negara Indonesia. Kita sebagai generasi penerus bangsa harus dapat dapat memaknai Pancasila sebagai dasar negara dan sebagai landasan berperilaku dalam kehidupan bermasyarakat. Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara, dan pandangan hidup bangsa yang digali dan ditetapkan oleh pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia.

Pancasila merupakan alat pemersatu bangsa. Dengan lahirnya lima sila tersebut, Pancasila dapat menyatukan masyarakat dengan segala perbedaan yang ada. Pengamalan nilai-nilai Pancasila merupakan perwujudan rasa cinta kepada Tanah Air sehingga dapat membangun bangsa dan negara yang lebih baik. Nilai-nilai Pancasila dapat diamalkan dalam bentuk sederhana, seperti saling menghargai, bekerja sama, dan saling menghormati.

Oleh karena itu OSIS SMAN 1 MANDAU menggelar lomba memperingati hari lahir pancasila dengan mengangkat tema PANCI (Pancasila Cita Bangsa Kita). Ini merupakan salah satu kegiatan yang mengkreativitaskan seluruh siswa,baik itu bersifat akademik dan akademik terutama dalam meningkatkan rasa patriotisme terhadap nilai-nilai Pancasila,ulas ibu Rita Yanti Kusuma,S.Pd selaku wakil kesiswaan SMAN 1 MANDAU

Acara ini di gelar di dalam ruangan kelas yang terpisah setiap lomba meliputi lomba Solo Song,dan menggambar komik yaitu bisa mengembangkan dan meningkatkan kreativitas dalam vokal maupun kreativitas dalam menggambar supaya bisa lebih lanjut mengasah dan mengolah siswa untuk ketingkat yang lebih tinggi.

Setiap kelas antusias mengartisipasi lomba ini seperti ulasan beberapa peserta Solo Song yang sudah menampilkan semaksimal mungkin untuk perwakilan kelas nya. “lega karena telah menampilkan hasil semaksimal untuk kelas saya” , ”lega”, “lega karena dengan ada lomba solo song ini bisa mengembangkan talenta-talenta juga”. Adapun ulasan beberapa peserta menggambar komik, “seru” , “asik” , “deg-degan”.

Pada perlombaan Solo Song ini peserta harus menyanyikan lagu nasional Garuda Pancasila dan lagu nasional yang lainnya. Jadi,peserta Solo Song menampikan dua lagu nasional sekaligus yang langsung di nilai oleh bapak Rafsan Jani Nasution,S.Pd selaku juri Solo Song, “perasaan saya saat menjadi juri Solo Song agak main glowing karena beberapa talent yang baru saya tahu terlihat disitu,lalu saya baru tahu seperti kelas X tadi ada suaranya yang bagus. Lumayan kaget juga ternyata ada talent yang terungkap”.

“saya melihat dari antusisas peserta komik hampir semua memahami isi pancasila dalam tulisan ceritanya” ucap ibu Zuhera Zain,S.Pd selaku juri Komik. Perlombaan komik ini di laksanakan dalam kurun waktu 3 jam bebas mengekspresikan karyanya sesuai dengan tema.

“Ini acara yang bagus yang dilaksanakan setiap tahunnya dalam peringatan Pancasila, mungkin dilain waktu di tambah lagi dengan yang bukan hanya komik saja, mungkin ada seperti karikatur, atau menulis dan lain sebagainya”, tegas ibu Zuhera Zain S.Pd selaku juri komik, yang memberi pesan untuk lomba hari Pancasila yang mengangkat tema “PANCI”.

 OSIS adalah organisasi Intra Sekolah yang dimiliki oleh SMA Negeri 1 Mandau dalam memajukan sekolah . Satu kata untuk OSIS “Oke”, ujar ibu Rita Yanti Kusuma S.Pd selaku wakil kesiswaan.

Setelah para peserta mengikuti perlombaan solo song dan perlombaan menggambar komik, akhirnya ditemukanlah sang juara yang terbaik dari yang terbaik yang mengkeskspresikan perasaannya saat menjadi pemenang, “bangga, terbayar juga yang kita usahakan dan perjuang kan”, ucap pemenang lomba solo song dan lomba menggambar komik.

Banyak harapan yang ditanamkan untuk event-event selanjutnya yang akan diwujudkan oleh OSIS SMA Negeri 1 Mandau. Ujar Ketua Osis “semoga siswa sekolah SMA Negeri 1 Mandau lebih produktif, dan ikut andil dalam pelaksanaan kegiatan yang dilaksanakan OSIS salam sehat dan  sukses” .

Harapan yang di sampaikan Pembina Osis ibu Gemina S.Pd,ia berharap  pengurus osis dapat meningkatkan kinerja  masing-masing sesuai dengan bidangnya.dan agar program  yang telah di rencanakan tersebut dapat berjalan dengan lancar.

“Saya merasa bahagia karena setelah 2 tahun  Departemen Berbangsa dan Bernegara tidak melaksanakan acara offline dan akhirnya hari ini terlaksana dengan lancar berkat dukungan dari rekan-rekan osis dan para peserta lomba”,terang ketua pelaksana Barbangsa dan Bernegara.

Lalu ketua pelaksana menambahkan,“Saya berharap melalui acara Lahirnya Pancasila ini, kita sebagai generasi muda dapat menjalankan dan menerap kan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan kita sehari² dan semoga dikemudian hari teman² tetap mau berpartisipasi dalam acara/kegaiatan OSIS yang lainnya”

Tulisan Lainnya
PROFIL BIROKRIS (Bimbingan Rohani Kristen) SMA NEGERI 1 MANDAU Periode 2022/2023

    BIROKRIS adalah singkatan dari Bimbingan Rohani Kristen. BIROKRIS SMAN 1 MANDAU merupakan ekstrakulikuler keagamaan Rohani Kristen yang terdapat di sekolah SMAN 1

29/08/2022 11:45 - Oleh Administrator - Dilihat 1131 kali
MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH SMAN 1 MANDAU TP. 2022/2023

                Pada Rabu-Jumat (13-15/07/2022), Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah di SMAN 1 MANDAU TP.2022/

09/08/2022 11:40 - Oleh Administrator - Dilihat 713 kali
MENYAMBUT 1 MUHARRAM 1444H DI SMAN 1 MANDAU

      Oleh: Azura Adelia    Jum’at (30/07/2022), ROHIS SMAN 1 MANDAU menggelar acara keagamaan untuk menyambut  Tahun Baru Islam 1444H. 1 M

05/08/2022 08:39 - Oleh Administrator - Dilihat 680 kali
TIM GUGUS TUGAS KEWASPADAAN DAN PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 PADA LINGKUP SMA NEGERI 1 MANDAU

SUSUNAN KEANGGOTAAN TIM GUGUS TUGAS KEWASPADAAN DAN PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 DI LINGKUNGAN SMA NEGERI 1 MANDAU A. Pengarah : 1.    Dinas Pendidikan dan Ke

29/01/2021 22:33 - Oleh Administrator - Dilihat 1603 kali
Rapat Online Tim Akreditasi SMA Negeri 1 Mandau Dengan Pengawas Sekolah Bapak Drs.H. Baharudin

Sabtu, 9 Januari 2021

29/01/2021 20:41 - Oleh Administrator - Dilihat 1681 kali
KEGIATAN SUPERVISI PEMBELAJARAN JARAK JAUH TAHUN PELAJARAN 2020-2021

 

29/07/2020 09:02 - Oleh Administrator - Dilihat 1868 kali
KEGIATAN SHARING DAN PELATIHAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) TAHUN 2020

SENIN, 27 JULI 2020   SELASA, 28 JULI 2020   RABU, 29 JULI 2020  

29/07/2020 08:35 - Oleh Administrator - Dilihat 1988 kali
Peringati Hardiknas, Mendikbud Ajak Guru dan Orang Tua Bersinergi Optimalkan Pembelajaran

Jakarta, Kemendikbud --- Pada puncak peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2020, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mengajak semua pihak

05/05/2020 22:21 - Oleh Administrator - Dilihat 730 kali